Thursday, November 24, 2011

Katekis

Katekis adalah pembina iman atau guru agama. Dari antara mereka ada yang mengkhususkan diri untuk pembinaan iman umat paroki, ada yang mengajar di sekolah, ada pula yang menjalankan kedua-duanya (Telaumbanua, 1999: 6).
Katekis adalah orang atas nama Gereja memberikan pelajaran agama Katolik. Untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik mereka mendidik khusus dalam ilmu kateketik. Mereka terutama memberikan ketekese kepada calon baptis dan anak-anak sekolah, tetapi juga memelihara kepentingan religius dari umat setempat. Sering kali mereka mengambil alih tugas-tugas imam, khususnya di stasi, sejauh tidak memerlukan wewenang khusus imamat jabatan (Maryanto, 2004: 96).
Katekis adalah orang yang dididik untuk memberi pelajaran dan pendidikan agama atas lembaga-lembaga pendidikan. Di paroki para katekis menjalankan tugas pewartaan, pengajaran dan liturgi. Di antaranya mempersiapkan katekumen untuk pembaptisan, membimbing orang beriman supaya siap menerima sakramen tobat, Ekaristi, penguatan, dan perkawinan (Heuken, 2005: 49).
Katekis adalah orang yang merasa terpanggil dan memiliki kewajiban memberi pelajaran atau pewartaan, orang yang memiliki pendidikan khusus bidang katekese, sukarelawan dan pembantu pastor dalam bidang pewartaan (Budiyanto, 2011: 36).

No comments:

Post a Comment